Sabtu, 10 Maret 2012

GUI --> SWING

MENGAPA MEMAKAI SWING? 

Java swing running di ruang lingkup desktop. Jika selama ini kita membuat aplikasi java masih berorientasi console (layar DOS, hitam putih) maka dengan library swing ini kita bisa membuat aplikasi dengan antarmuka yang jauh lebih menarik bagi pengguna. Kita bisa menambahkan form, text field, tombol, combo box, mengubah warna dan sebagainya.
Mengembangkan aplikasi swing dilakukan dengan dua tahap, yaitu mendesain layout tampilannya dan menuliskan source code programnya. Di dalam Netbeans bisa kita mulai dengan membuat project baru dengan tipe “desktop application”. Ikuti petunjuknya dan kita akan otomatis disiapkan 3 buah file .java sekaligus, yaitu file about, file view dan file programnya.
Menambahkan komponen ke panel utama (main panel) dilakukan dengan drag n drop komponen dari jendela “palette”. Sedangkan untuk mengubah atribut masing-masing komponen dilakukan dengan mengakses jendela properties di sebelah kanan.


Struktur Komponen Swing

Secara arsitektur, Swing dibangun diatas arsitektur AWT (AbstractWindows Toolkit). AWT adalah GUI toolkit yang dikembangkan oleh Sun engineer sebelum swing muncul. Kelemahan utama AWT adalah fleksibilitas tampilan GUI, seperti painting method yang masih sangat primitif. Swing dimaksudkan untuk memperbaiki kekurangan dari AWT tanpa harus membuang teknologi yang sudah dibuat dan membuatGUI toolkit baru dari nol.Komponen AWT diletakkan dalam satu package yaitu java.awt,didalamnya terdapat komponen-komponen GUI dasar, salah satunya adalah Component. Class Component adalah moyang dari sebagian besar komponen AWT maupun Swing. CheckBox, Label, Button dan beberapa komponen AWT lainnya adalah turunan langsung dari class Component. Namun dalam kenyataanya arsitektur demikian tidak memberikan fleksibilitas yang cukup memadai untuk membuat berbagai macam komponen baru yang dibutuhkan dalam desktop application.
Swing muncul dengan membawa teknologi AWT yang telah ditambahkan dengan banyak kemampuan. Nyaris semua komponen GUI dari swing merupakan turunan class Container dan class Container adalah turunan dari class Component.

BERIKUT ADALAH CONTOH PROGRAM MENGGUNAKAN SWING SEDERHANA :

1. pilih file -> new file maka akan muncul kotak dialog berikut :
pilih pilihan swing GUI Forms -> lalu pilih JFrame Form klik next

tampilan akan Seperti terlihat di dialog New JFrame dialog dibawah ini




beri nama penjumlahan kemudian finish


Buat tampilan form seperti gambar bawah ini, caranya dengan
klik Jendela Pallete di sebalah kanan untuk memilih komponen
apa yang akan dibuat, kemudian klik di jendela Design untuk
menempatkan komponen yang sudah dipilih tadi ke dalam
form. Hasilnya terlihat seperti pada gambar di bawah ini:




Ganti nama setiap komponen agar mudah dikenali. Klik kanan
diatas setiap komponen yang ada dalam Jendela Design diatas,
kemudian pilih menu :
Klik kanan > Change Variable Name ...
Ganti nama komponen-komponen tersebut (sesuai urutan dari
kiri ke kanan, atas ke bawah) menjadi : lblKeterangan, txtA,
lblPlus, txtB, btnHitung, lblHasil.


Menambahkan variable untuk menampung nilai yang akan
dijumlahkan. Klik tombol Source untuk membuka jendela yang
menampilkan kode sumber dari program di atas kemudian
tambahkan kode di bawah ini tepat dibawah definisi dari class
Penjumlahan:
private String str = "Hasilnya adalah : ";
private int a, b;





Menangani penekanan tombol btnHitung. Klik kanan diatas
komponen btnHitung kemudian pilih menu :
Events > Action > actionPerformed
Anda akan dibawa ke jendela Source, ubah
kode program seperti di bawah ini :

private void btnHitungActionPerformed(
java.awt.event.ActionEvent evt) {
// TODO add your handling code here:
a = Integer.parseInt(txtA.getText());
b = Integer.parseInt(txtB.getText());
int hasil = a + b;
lblHasil.setText(str + hasil);
}




Compile dan jalankan program. Tekan tombol SHIFT + F6, atau
klik kanan file Penjumlahan.java kemudian pilih menu Run File.
Tampilan output program :




Catatan :
Method Integer.parseInt digunakan untuk merubah String
menjadi Integer.
Method btnHitungActionPerformed akan dipanggil setiap kali
kita memencet tombol btnHitung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar